Universitas ini Dengan Uniknya Menghilangkan 'Homesick' Mahasiswa

By Mutiara | Last modified 25 Nov 2019
Sebarkan laman ini

unit kemahasiswaan di universitas finlandia

Kuliah di negeri asing bisa memberi excitement tersendiri. Tapi, dengan adanya banyak beban yang ditanggung di pundakmu sendirian dengan pengetahuan yang amat sedikit tentang rumah barumu, hal ini dapat memberikan sedikit rasa khawatir.

Perasaan ini tidak perlu kamu alami di University of Helsinki, Finlandia. Tidak perlu rasa khawatir. Catatan-catatan suksesnya memberikan kepercayaan diri, bahkan buat calon siswa internasional yang paling skeptis sekalipun.

Universitas ini membanggakan fakultasnya yang terkenal, terdiri dari pakar dan ilmuwan yang diakui; kolaborasi dengan industri, pemerintah dan organisasi-organisasi; menghubungkan program sarjana dengan riset dari berbagai ilmu studi; dan tentunya, menawarkan lingkungan belajar yang menginspirasi mahasiswanya. 

Di University of Helsinki, terdapat lebih dari satu faktor yang menarik perhatian siswa dari berbagai negara dari belahan dunia: ikatan mahasiswa yang aktif dan peduli. 

Kampus di universitas ini menampung mahasiswa dan komunitas staf sebanyak 40.000 banyaknya. Dengan populasi sebanyak ini, amatlah mudah untuk merasa kehilangan atau kesepian.

Badan keanggotaan unit mahasiswa, Linda-Liisa Kelokari, yang bertanggung jawab untuk permasalahan mahasiswa internasional meyakinkan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Bahkan, komunitas kampus yang luas dan kesempatan yang memberi rasa semangatlah yang membuat pengalaman kuliah di luar negeri semakin memorable. 

“Kami berusaha sebisa mungkin untuk membuat siswa internasional merasa diterima dan membuat mereka aktif berpartisipasi dalam kepanitiaan kami dan organisasi unit mahasiswa kami,” ujar Kelokari. 

Adalah sebuah pernyataan yang meremehkan apabila unit mahasiswa membuat siswa internasional merasa diterima. Akan lebih mudah untuk dibilang bahwa Kelokari dan organisasinya memperkokoh keyakinan untuk siswa internasional yang secara murni terlibat dan diikutsertakan dalam setiap aspek kehidupan kampus. 

Support untuk mahasiswa internasional oleh unit mahasiswa dimulai bahkan sebelum siswa sampai. Hari-hari pertama berada dalam lingkungan yang asing dapat terasa tidak pasti dan hal ini dipahami oleh unit kemahasiswaan untuk memprioritaskan rumah baru yang nyaman dan memastikan adanya kedamaian dalam pikirian siswa bahkan di saat adanya darurat. 

Hingga akhir ini, unit kemahasiswaan memperdayakan koneksi dengan beragam organisasi untk men-support siswa internasional dengan berbagai jenis akomodasi, lokasi dan pengaturan tempat tinggal sewaktu mereka mendapat surat penerimaan dari universitas.

Sebagian porsi dari biaya unit kemahasiswaan juga digunakan untuk membayar layanan healthcare siswa yang menjamin keberdayaan healthcare yang diperlukan siswa secara umum. 

Saat siswa internasional sudah mulai merasa settle, mereka akan mulai memanfaatkan diskon yang tidak sedikit untuk transportasi umum di Helsinki dan mulai menjelajahi kotanya, berkat hasil lobi unit kemahasiswaan universitas. 

Selain itu, ada juga fasilitas student lunch cafe yang dijalani oleh unit kemahasiswaan bagi siswa untuk mendapatkan makanan sehat, organik dan ramah lingkungan -- semua dalam kisaran harga EUR 2.6 atau 40 ribu rupiah saja!

Unit kemahasiswaan juga memastikan bahwa komunikasi dijalankan dalam tiga bahasa -- Finlandia, Swedia dan Inggris -- sehingga semua orang dapat merasa terikutsertakan

Sebuah komunitas kampus yang hidup, kosmopolitan dan inklusif

kehidupan mahasiswa di finlandia

Yang menjadikan University of Helsinki sebuah pusat kosmopolitan adalah mahasiswa dan pengalamannya. Fakultasnya berisikan oleh ilmuwan dan peneliti berkelas dunia yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Hampir seperempat dari staf pengajar dan riset dan seperlima dari trainee berasal dari luar negeri. Sebanyak 6% dari 31.200 mahasiswa di sini berasal dari negara lain selain Finlandia, dan itu tidak termasuk dengan sekitar 1.000 siswa pertukaran pelajar yang diterima setiap tahunnya. 

Baik di luar atau di dalam ruang kelas, siswa selalu terhubung dengan komunitas ini. Tidak ada perbedaan antara orang lokal Finlandia dan orang asing atau siswa dan staf, menjadikan hal ini semakin mudah untuk bercampur dan berinteraksi dengan sesiapa saja di kampus.

Dari kampus yang diajarkan dalam Bahasa Inggris hingga pusat start-up ‘Helsinki Think Company’; hingga sauna tradisional atau halaman di bar dalam kampus. 

Dalam unit kemahasiswaan, siswa internasional dapat beraktivitas, bahkan kalaupun mereka tidak mampu berbahasa bahasa Finlandia. Mahasiswa internasional sebelumnya telah bersatu dengan siswa lokal untuk menganjurkan isu-isu yang beredar dalam kampus mengkaitkan mahasiswa. 

Semua ini membuat kampusnya amat inklusif. Beberapa organisasi yang befokus pada siswa internasional memiliki keberadaan yang kuat di sini, memastikan bahwa suara siswa internasional dapat didengar oleh dewan progam.

Selain itu, organisasi juga mengorganisir kunjungan kepada perusahaan dan mengadakan seminar yang bertema dengan pengembangan karir. 

Mereka juga menggalang beberapa jenis acara sosial, seperti ‘Master’s Mixers’, kunjungan ke museum seni dan pesta makan malam akademia, yang telah dideskripsikan sebagai “dipenuhi oleh makanan berkualitas, kemampuan bernyanyi yang dipertanyakan dan perekanan yang baik.”

Kelokari juga mengucapkan bahwa: “Kami memiliki 250 organisasi yang beroperasi dalam unit kemahasiswaan kami. Ada sesuatu untuk semuanya: organisasi berdasarkan jurusan, kewarganegaraan dan hobi. Kalau kamu tidak menemukan organisasi yang sesuai dengan hobi atau minatmu, kamu tentunya bisa membangun organisasi baru - dan kami akan selalu sedia membantumu!”

Unit kemahasiswaan juga mengorganisir acara lainnya, termasuk ‘Fresher Adventure’, di mana siswa Helsinki berlomba lari di seluruh kampus, bertujuan untuk bertemu dengan 100 organisasi mahasiswa yang berpartisipasi. 

Kalau kamu beruntung, kamu juga bisa mengikuti ‘Grand Sitsit’ yang berlangsung setiap beberapa tahun, di mana sejumlah 2000 siswa menikmati pesta makan malam dilantunkan dengan lagu bersejarah di Helsinki. 

Tapi tenanglah, kalaupun kamu ketinggalan Grand Sitsit, kamu masih bisa mengikuti Vappu, hari peringatan pekerja dan mahasiswa yang berlangsung pada tanggal 1 Mei setiap tahunnya.

Perayaan dimulai dari 30 April, di mana 80.000 mahasiswa dan alumni akan bertemu untuk ‘Crowning of Manta’, dan beberapa siswa yang beruntung akan berkesempatan untuk mendirikan topi ciri khas mahasiswa pada patung terkenal di Helsinki.

Dengan perayaan yang berlangsung setiap tahunnya, unit kemahasiswaan yang proaktif dan kampus yang inklusif, kuliah di University of Helsinki tentunya memberi sensasi tersendiri. 

Diposting pada 25 Nov 2019
Kehidupan Mahasiswa, Kuliah di Luar Negeri